Solidarity: Journal of Social Studies
Vol. 1 No. 2 (2021): SOLIDARITY: Journal Of Social Studies

Pelaksanaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020

Badriyatul Uyun (UIN Kiai Haji Achamd Siddiq Jember)
Moh. Sutomo (UIN Kiai Haji Achamd Siddiq Jember)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Metode dalam pembelajaran tidak hanya untuk memudahkan dalam proses pembelajaran tetapi juga untuk membangun motivasi belajar keceriaan, kesenangan dan juga kenyamanan untuk peserta didik. Ada berbagai metode yang dapat digunakan oleh guru diantaranya ialah metode tutor sebaya untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa khususnya dalam pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Tutor sebaya merupakan salah satu dari metode pembelajaran berbasis active learning yang memberikan kesempatan dan mendorong pada peserta didik mempelajari sesuatu dengan baik, dan pada waktu yang sama ia menjadi narasumber bagi yang lain. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/202 2) faktor pendukung implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020 3) faktor penghambat implementasi metode pembelajaran tutor sebaya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Negeri 2 Maron Probolinggo Tahun Pelajaran 2019/2020.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskripitf kualitatif.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) langkah-langkah dari implementasi pembelajaran metode tutor sebaya di SMP Negeri 2 Maron meliputi: a) pendidik menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran b) membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok 4-6 murid, setiap kelompok terdapat siswa yang pintar c) setiap anggota kelompok dituntut memberikan tanggapan dan pendapat mereka yang nantinya akan disatukan dalam satu kesimpulan. d) beberapa menit kemudian, salah satu anggota masing-masing kelompok secara bergiliran mengajarkan hasil temuannya dihadapan kelompok lain. e) guru memberikan kesimpulan permasalahan dan pemecahan masalahnya sehingga pemahaman murid seragam. 2) Faktor pendukung dari implementasi metode tutor sebaya meliputi interaksi antara guru dan siswa, minat siswa dan kenyamanan siswa. 3) Faktor penghambat dari implementasi metode tutor sebaya meliputi kurangnya persiapan tutor, kondisi siswa dalam kelas, dan sarana-prasarana yang belum memadai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

solid

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

SOLIDARITY: Journal of Social Studies diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian IPS, baik kajian literatur maupun kajian ...