Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

PENGARUH KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER TERHADAP KINERJA TENAGA ADMINISTRASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 017 CANDI REJO KECAMATAN PASIR PENYU KABUPATEN INDRAGIRI HULU

Leni Fitrianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2023

Abstract

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat berperan dalam peningkatan mutu pendidikan. Sebagai pemimpin di lingkungan sekolahnya, kepala sekolah tidak hanya wajib melaksanakan tugas-tugas administrasi tapi juga menyangkut tugas-tugas bagaimana harus mengatur seluruh program sekolah. Dia harus mampu memimpin dan mengarahkan aspek-aspek baik administrasi maupun proses kependidikan di sekolahnya, sehingga sekolah yang dipimpinnya menjadi dinamis dan dialektis dalam usaha inovasi. Keterampilan manajerial kepala sekolah diharapkan mampu memberdayakan kinerja tenaga kependidikan melalui kerjasama yang koperatif. Termasuk tenaga administrasi sekolah. Pekerjaan sebagai tenaga administrasi bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Kinerja atau Tugas Pegawai Tata Usaha meliputi Administrasi Keuangan, Administrasi Sarana dan Prasarana, Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat, Administrasi Persuratan dan Pengarsipan, Administrasi Kesiswaan dan Administrasi Kurikulum. Kinerja tenaga administrasi sangat mempengaruhi keberhasilan sekolah mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu, kepala sekolah sebagai manajer harus mampu mengelola tenaga administrasi dengan baik sehingga dapat meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kepala sekolah sebagai manajerial terhadap kinerja tenaga administrasi yang ditentukan dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Kepala Sekolah sebagai manajer terhadap kinerja tenaga administrasi di Sekolah Dasar Negeri 017 Candi Rejo Kecamatan Pasir Penyu, hal ini didasarkan dari analisis harga rhitung sebesar 0,621 ≥ rtabel pada taraf signifikan 5% (0,576). Dari hasil inteprestasi koefisien korelasi menunjukkan tingkat pengaruh kedua variabel pada kategori “Kuat”. Sumbangan variabel Kepala Sekolah sebagai manajer terhadap kinerja tenaga administrasi di Sekolah Dasar Negeri 017 Candi Rejo Kecamatan Pasir Penyu sebesar 78,8%. Sementara sisanya 21,2% disumbangkan variabel lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...