Al-Ihda' : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran
Vol. 17 No. 2 (2022): Oktober : Al-Ihda': Jurnal Pendidikan dan Pemikiran

PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF HADITS; Kajian Konsep al-Tarbiyah, al-Ta´lim, al-Ta´dib dan al-Tazkiyah

Nurwahid Ihsanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Konsep pendidikan formal, informal maupun non formal dalam perspektif pendidikan Islam pada dasarnya tidak hanya ditujukan untuk membekali peserta didik agar memiliki ilmu pengetahuan dan keterampilan, akan tetapi juga memiliki kecerdasan emosional, sosial dan spiritual. Hal inilah yang akan membentuk mereka menjadi manusia yang berkarakter insān kāmil. Terkait dengan hal ini, dalam filsafat pendidikan Islam dikenal istilah tarbiyah, ta’lim, ta’dib, tahdzib, dan tazkiyah. Istilah ta’dib sesungguhnya adalah yang paling tepat dipergunakan sebab istilah ini tidak hanya mengandung konsep transfer ilmu pengetahuan, akan tetapi juga transfer nilai kepada peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues of educational institutions, educational environment and ...