Bisman : Jurnal Bisnis dan Manajemen
Vol 7 No 2 (2022): Desember

Analisis Model Antrian Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang

Theresia Novita Rato (Politeknik Negeri Kupang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
09 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui karakteristik sistem pelayanan pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang, 2) menemukan model antrian yang dapat diterapkan pada sistem pelayanan di Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang, dan 3) mengidentifikasi tingkat pelayanan pada Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Convenience Sampling. Untuk menganalisis masalah pertama yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap karakteristik sistem pelayanan yang terjadi di Koperasi Kredt Swasti Sari Kupang. Untuk menganalisis masalah kedua menggunakan model antrian, dari keempat model tersebut dipilih salah satu model yang paling cocok dengan teknis pelaksanaannya. Sedangkan untuk masalah ketiga yaitu dengan menghitung karakteristik operasi sistem pelayanan serta menghitung biaya fasilitas dan biaya antri yang kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus tingkat pelayanan optimal. Hasil, karakteristik sistem pelayanan di koperasi terdiri dari karakteristik kedatangan, karakteristik antrian, dan karakteristik fasilitas pelayanan. Hasil pengujian terhadap empat model antrian dengan teknis pelaksanaannya di lapangan diketahui bahwa model antrian yang paling sesuai adalah model antrian Single Channel – Multi Phase. Hasil pegujian tingkat pelayanan diketahui bahwa tingkat pelayanan Koperasi Kredit Swasti Sari Kupang belum optimal karena tingkat rata-rata pelayanan (μ) saat ini lebih kecil yaitu hanya 7,80 nasabah per jam, bila dibandingkan dengan kondisi idealnya sebesar 9,38 orang per jam, dengan nilai tingkat pelayanan optimal (μ optimal) yaitu sebesar 83,17% dari kapasitas pelayanan optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisman

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis dan Manajemen adalah Jurnal yang mempublikasi hasil penelitian di bidang Bisnis & Manajemen. Tulisan yang dipublikasi hanya tulisan yang telah melewati proses ...