Tujuan Penelitian pengembangan penghasilan produk E – Modul berbasis Digital dengan SDGs untuk meningkatkan Literasi siswa pada materi Tata Surya. Pengembangan E- Modul berbasis Digital dengan SDGs menggunakan metode 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design dan develop (trianto 2011). Pada tahap define atau defenfenisian peneliti melakukan analisis kebutuhan awal untuk mengetahui karaktristik E - Modul yang akan dikembangkan. Tahap design atau penrancangan pada tahap ini peneliti malakukan RPP untuk materi Tata Surya yang akan dikembangkan. Kemudian peneliti mendesain E- Modul yang terdiri dari cover/sampul, kata pengantar, daftar isi, tujuan pembelajaran,Kompetens Inti, Indikator pencapaian Kompetensi Inti (IPK) Pendahuluan, Pada tahap develop atau pengembangan peneliti melakukan validasi ahli yang terdiri dari validasi media dan validasi materi dan uji coba kepada guru IPA SMP Negeri 6 Singosari dengan 21 orang siswa kelas VIIC SMP Negeri 6 Singosari. Hasil analisis angket guru IPA nilai rata-rata total dari guru IPA adalah 99.16% dan Hasil analisis angket siswa nilai rata – rata total dari siswa kelas VIIC adalah 87,95% sedangkan Validasi media yaitu terdiri dari aspek kelayakan desaign, nilai rata – rata total dari validasi media adalah 84,37 % dan validasi materi yang terdiri dari aspek kelayakan isi dan kelayakan bahasa nilai rata – rata total dari validasi materi adalah 78,33%.
Copyrights © 2022