Jurnal Gici Jurnal Keuangan dan Bisnis
Vol 14 No 2 (2022): Jurnal Keuangan dan Bisnis

Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas, Dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih: (Studi Empiris Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Krisna Sudjana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici)
Nur Fatimah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gici)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laba bersih. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh biaya produksi, biaya kualitas dan biaya promosi terhadap laba bersih baik secara simultan maupun parsial pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Laba merupakan salah satu tolok ukur dari keberhasilan perusahaan. Peningkatan laba tidak terlepas dari indikator-indikator yang mendukungnya diantaranya pengeluaran biaya produksi, biaya kualitas, dan biaya promosi yang diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pembentukan laba perusahaan. Penelitian yang digunakan metode penelitian asosiatif. Total populasi adalah 62 perusahaan dan sampel yang di peroleh sebanyak 16 perusahaan.penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Model analisis data yang digunakan adalah analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan. Biaya Produksi, Biaya Kualitas Dan Biaya Promosi secara silmultan berpengaruh terhafap Laba Bersih,biaya produksi secara parsial berpengaruh terhadap laba bersih, biaya kualitas secara parsial tidak berpengaruh terhadap laba bersih, biaya promosi secara parsial berpengaruh terhadap laba bersih. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 54,4%, sedangkan sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-gici

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL GICI adalah jurnal keuangan dan bisnis yang menyajikan berbagai hasil penelitian baik berbasis pendekatan kualitatif maupun kuantitatif dan diterbitkan secara periodik semesteran (dua kali dalam setahun) di bulan Juni dan Desember. Scope Bisnis Akuntansi, Keuangan, Manajemen, Bisnis dan lain ...