Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora
Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora

STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS CERPEN SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH SWASTA DINIYYAH PASIA

Ega Mifta Nur Syahfitri (Universitas Negeri Padang)
Amril Amir (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur dan kebahasaan dalam teks cerpen karya siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks cerpen siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam yang berjumlah 20 teks cerpen. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik uraian rinci. Hasil temuan dari 20 teks cerpen yang telah dianalisis, secara umum siswa tidak menggunakan keenam struktur teks cerpen. Selanjutnya, dari segi kebahasaan, siswa lebih dominan menggunakan majas perbandingan dan tidak satu pun ditemukan teks yang mengandung majas penegasan. Lalu, ditemukan juga 15 teks cerpen yang memiliki kesalahan dalam penggunaan kata depan. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI MAS Diniyyah Pasia Kecamatan Ampek Angkek Agam belum mampu menggunakan struktur teks dengan lengkap.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Dewantara

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ilmu Sosial Ilmu Ekonomi Akuntansi Manajemen Kebudayaan Pendidikan Sejarah Pariwisata Gender Humaniora Seni Budaya Linguistik Sastra Filsafat Studi Agama Studi Media dan Komunikasi Berbagai bidang penelitian yang ...