IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 1 No 1 (2022): IT-Explore Februari 2022

PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEUANGAN BERBASIS WEB UNTUK BENDAHARA DUSUN SIDAWUNG

Dwi Putri Rahmatika (Program Studi D3 Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana)
Sri Winarso Martyas Edi (Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2022

Abstract

Pencatatan keuangan yang dilakukan secara manual di dusun Sidawung seringkali menimbulkan berbagai permasalahan. Berdasarkan diskusi awal, beberapa masalah yang pernah terjadi diantaranya adalah kesalahan perhitungan dan pencatatan data dan kemungkinan terjadinya kehilangan data karena berkas tidak terdokumentasi dengan baik. Aktivitas keuangan merupakan permasalahan yang sensitif, sehingga perlu pencatatan dan transparansi yang memadai. Untuk itu penelitian ini mengembangkan sistem informasi keuangan berbasis web dapat melakukan perhitungan secara akurat dan transparan. Sistem berbasis web juga membuat warga masyarakat dapat dengan mudah memantau semua aktivitas dan dana yang mengalir secara detil sehingga mengurangi kesalahan atau kecurangan yang terjadi. Sistem ini dikembangkan dengan metode prototype dengan proses yang terstruktur dan melalui beberapa tahap dimana, jika tahap sistem belum final dan memiliki kekurangan pengembang akan mengevaluasi kembali. Penelitian ini menghasilkan perangkat lunak yang berdasarkan evaluasi dapat diterima dan digunakan dengan baik oleh masyarakat khususnya dusun yang menjadi obyek penelitian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

itexplore

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan jurnal ilmiah tentang penelitian penerapan Teknologi Informasi dalam berbagai bidang, terbit tiga kali dalam setahun, yaitu pada bulan Januari, Mei, dan September untuk masing-masing volumenya. IT-Explore menerima artikel ...