Penelitian mengungkapkan aspek manajemen Pendidikan tentang pengaruh supervise kepala sekolah dan budaya sekolahterhadap kinerja guru sekolah menengah atas negeri se-Wilayah Ciamis Selatan Kabupaten Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh sekolah menengah atas negeri sebanyak 2 sekolah. Sampilnya secara purposive sampling. Unit sampling adalah guru. Objek variable penelitian yaitu supervise kepala sekolah dan budaya sekolah sebagai independent variable dan kinerja guru sebagai dependent variable. Supervisi Kepala sekolah memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja guru, dengan koefisien relasi r = 0,726, hubungan yang signifikan mempunyai kebermaknaan pada taraf signifikan 0,01. Besarnya sumbangan kontribusi atau koefisien determinasi dari supervise kepala sekolah sebesar 52,70%. Budaya Sekolah memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Supervisi kepala sekolah dan budayasekolah secara bersama-sama memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru.
Copyrights © 2018