Buana Informatika
Vol 7 No 1 (2019): Buana Informatika

Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran di STISIP Syamsul’Ulum Kota Sukabumi

Winda Sulastri (AMIK Citra Buana Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2023

Abstract

Rumusan Masalah Penelitian adalah: 1). Bagaimana penerapan sistem informasi manajemen di STISIP Syamsul’Ulum? 2). Bagaimana proses pembelajaran di STISIP Syamsul’Ulum? 3).Faktor-faktor apa yang menunjang tentang penerapan sistem informasi manajemen di STISIP Syamsul’Ulum? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen di STISIP Syamsul’Ulum. 2). Untuk mengetahui proses pembelajaran di STISIP Syamsul’Ulum. 3). Untuk mengetahui faktor-faktor yang menunjang tentang penerapan sistem informasi manajemen di STISIP Syamsul’Ulum. Dalampelaksanaan penelitian. Peneliti memilih jenis penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data penulis melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan keabsahan data yaitu triangulasi. Hasil penelitian ini antara lain: (1).Pelaksana sistem informasi manajemen di STISIP Syamsul’Ulum sudah terlaksana dengan baik di mana menggunakan aplikasi pengelola data yaitu dapodik dan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran memberikan layanan pendidikan dengan memfasilitasi praktek pembelajaran dengan menggunakan infrakstruktur teknologi, seperti fasilitas belajar dengan memadukan Komputer dengan wifi. (2). Pelaksanaan proses pembelajaran di STISIP Syamsul’Ulum yaitu, sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus melalui tiga tahap yaitu, pertama, tahap perencanaan. Dalam tahap ini membuatanalisis hari efektif dan analisis program pembelajaran, membuat program tahunan,menyusun silabus, menyusun RPP, danmembuat penilaian pembelajaran. Kedua,tahap pelaksanaan. Dalam tahap ini yang perlu dilakukan yaitu, Aspek pendekatan dalam pembelajaran, Aspek stretegi dan taktik dalam pembelajaran, Aspek metode dan teknik dalam pembelajaran. Media pembelajaran yang dipakai dalam proses pembelajaran yaitu,media cetak (buku), gambar, LCD dan komputer. Ketiga, tahap evaluasi. Dalam tahap ini yang dievaluasi yaitu, pengetahuan belajar yang dites dengan secara tertulis, lisan, dan daftar pertanyaan ujian. Evaluasi belajar keterampilan yang dievaluasi dengan ujian praktek, dan analisis tugas yang dievaluasisendiri oleh pendidik. Dan bentuk tes yang diberikan kepada peserta didik tetap harus dengan persyaratan yang baku. (3). Faktor yang menunjang adanya sistem informasi manajemen yaitu, dengan adanya sistem dapodik yang melakukan pendataan tentang data pendidik dan data peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasimanajemen sangat menunjang dalam dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran di STISIP Syamsul’Ulum.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

BuanaJurnal

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Buana Informatika adalah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk promosi dan diseminasi penelitian ilmiah tentang Teknologi Informasi bidang Manajemen Informatika dan Komputerisasi Akuntansi. Perhatian khusus diberikan pada karya-karya yang berhubungan dengan Teknologi Informasi bidang Manajemen ...