Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2022): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, September 2022

PENGARUH KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 TALIBURA

Elfransiana Nona Eti (IKIP Muhammadiyah Maumere)
Nurdin Abd Rahman (IKIP Muhammadiyah Maumere)
Muhammad Syahrun (IKIP Muhammadiyah Maumere)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan (readiness) BelajarTerhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Di SMA Negeri 1 Talibura.Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas (X) Kesiapan Belajar dan Variabelterikat (Y) Hasil Belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh Kesiapan Belajar peserta didik terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Negeri 1 Talibura. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan korelasi product-moment dan uji-t. Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya pengaruh antara kedua variabel. Sample penelitian ini menggunakan sample acak. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ho: Tidak Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Negeri 1 Talibura dan Ha: Ada Pengaruh Kesiapan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 1 Talibura dengan taraf signifikansi 5% atau dengan taraf kepercayan 95% dengan metode deskriptif korelasional. Berdasarkan kesiapan belajar rata-rata sebesar 75,62% sedangkan analisis hasil belajar (Mid) siswa rata-rata 74,25, dengan persamaan Regresi Y=7,234+0,999X dari pengujian uji “t” menghasilkan thitung = 9,399> ttabel 0,05 maka pada pengujian tersebut Ha diterima dan H0 ditolak yang berati diantara kesiapan belajar ada pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...