Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023

IMPLIKASI METODE INQUIRY TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Putri Dewi Nailin Niswa (STAI Al Fithrah)
Tuti Marlina (STAI AL FITHRAH)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti implikasi penggunaan metode pembelajaran inquiri terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak II siklus, sebelum melakukan siklus I peneliti melakukan pra siklus yaitu observasi tempat dan wawancara guru pamong. Peneliti melakukan setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hal tersebut diulang pada siklus selanjutnya. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I berdasarkan uji test yang sudah dilakukan, berupa soal adalah rata-rata nilai 62,8. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik dari hasil ujian dan test adalah 88,8 dengan persentase ketuntasa mencapai 94%. Jika dibandingkan kenaikan ketuntasan peserta didik sangatlah signifikan Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode inquiry ini dapat memberikan implikasi yang cukup besar terhadap hasil pembelajaran tematik di kelas 3 MI Al Fithrah Surabaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...