Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 2 SDN 59 PANGKAJENE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Sri Rahayu (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nur Qolbi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sri Astuti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Nur Anggraeni (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Mayang Sari (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II UPT SD Negeri 59 Pangkajene Keluruhan Paddoang-Doangan Kecamatan Pangkajene sekaligus meningkatkan kerja sama antar siswa dalam pembelajaran Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan 1 pertemuan untuk pemberian evaluasi. terdiri  dari empat tindakan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan Terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievenment Divisions) dimana pada siklus I dengan rata-rata presentasi aktivitas siswa 6,5% dan pada siklus II dengan rata-rata presentasi aktivitas siswa 7%. Begitupun dengan hasil ketuntasan belajar matematika siswa Kelas II SDN 59 Pangkajene Kabupaten Pangkep juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 9 siswa 3 siswa (33,3%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 7 (77,7%) siswa  yang mencapai ketuntasan belajar klasikal tercapai. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievenment Divisions) juga dapat melibatkan siswa secara lebih aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...