Jurnal Khasanah Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan, Januari 2023

MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 59 PANGKAJENE

Sulaeha HM (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Sulfah Yulianti (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Abdul Azis (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Jenita Ansar (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada permasalahan kurangnya motivasi dan kurang tertarik untuk mengikuti pembelajaran khususnya pembelajaran IPS. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase ketercapaian indikator hasil belajar mengalami peningkatan pada setiap siklus. Hasil belajar siswa kelas V UPT SD Negeri 59 Pangkajene setelah diterapkan model pembelajaran Talking StickĀ  Adapun yang dianalisis adalah skor hasil belajar siswa yang diberikan pada setiap akhir siklus secara deskriptif, data mengenai perubahan sikap siswa yang diambil dari rekaman pengamatan, serta refleksi yang diberikan oleh siswa baik yang tertulis maupun komentar secara lisan. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus pertama diatas dari 11 siswa dapat diketahui bahwa terdapat 4 (17%) orang siswa yang mendapat ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 7 (78%). Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa belum mencapai hasil yang optimal, masih banyak siswa yang belum mencapai KKM sekolah dan indikator keberhasilan. Berdasarkan data hasil belajar pada siklus kedua diatas dari 11 siswa dapat diketahui bahwa terdapat 18 (82%) orang siswa yang mendapat ketuntasan belajar. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar berjumlah 2 (18%). Pada siklus kedua dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar nilai hasil belajar siswa serta pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking StickĀ  ini sudah dapat memenuhi indikator keberhasilan. Dengan menerapkan model pembelajaran Talking Stick dapat membawa perubahan positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan (E-ISSN 2985-7317) adalah jurnal ilmiah peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan tiga kali setahun (Januari, Mei, September) oleh Penerbit Asian Publisher. JKP: Jurnal Khasanah Pendidikan berfokus pada artikel hasil penelitian, pemikiran, ...