Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa yang meliputi tiga kemampuan berfikir yaitu berfikir kritis, kreatif dan pemecahan masalah dengan implementasi Lesson Study melalui model pembelajaran SSCS. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2015 pada mata kuliah Struktur/Anatomi Hewan di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) implementasi Lesson Study. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV kelas B yang berjumlah 28 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impelementasi Lesson Study yang terdiri dari tiga tahap yaitu Plan (Perencanaan), Do (Pelaksanaan), See (Refleksi) melalui model pembelajaran SSCS yangdilakukan dalam tiga open lesson telah dapat mendeskripsikan peningkatan kemampuan berfikir tingkat tinggi mahasiswa. Dimana terjadi peningkatan pada pembelajaran di open lesson II.
Copyrights © 2018