Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat (J-P3KM)
Vol. 1 No. 2 (2022): Gotong Royong (JP3KM) Juni 2022

Psikoedukasi Upaya Peningkatan Self Confidence pada Siswa SMKN 5 Lhokseumawe

Ika Amalia (Universitas Malikussaleh)
Yara Andita Anastasya (Universitas Malikussaleh)
Ella Suzanna (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

SMKN 5 merupakan salah satu sekolah menengah kejuruan negeri yang berada di kota Lhokseumawe. Salah satu permasalahan yang terdapat di SMKN 5 ialah rasa percaya diri siswa yang kurang. Hal ini terlihat dari keluhan guru maupun siswa yang menyatakan bahwa merasa ragu akan kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri. Siswa merasa bingung dan tidak tahu cara yang harus dilakukan agar dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini mendorong pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dengan mengangkat tema meningkatkan self confidence pada siswa. Metode pelaksanaan yang dilakukan ialah ceramah, tanya jawab serta konseling. Luaran yang diharapkan dialami oleh siswa berupa pemahaman mengenai apa itu self confidence, upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan self confidence, serta cara mengembangkan potensi yang sebenarnya telah dimiliki. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ialah siswa merasa paham dan mengetahui langkah yang akan dilakukan untuk meningkatkan self confidence, melakukan praktik di kehidupan nyata serta terlihatnya antusiasme siswa dalam mengikuti kegiatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

j-p3km

Publisher

Subject

Religion Environmental Science Health Professions Social Sciences Other

Description

Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat (J-P3KM) merupakan wadah bagi insan akademis dan praktisi untuk mempublikasikan hasil pengabdian, pemberdayaan dan penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan secara individu maupun kolektif guna peningkatan ...