Jurnal TAMBORA
Vol. 7 No. 1 (2023): EDISI 18

EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DITINJAU DARI KEMAPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS VIII

Maya Nurlita (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Azis Azis (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)
Laode Aswan Faroq (Universitas Dayanu Ikhsanuddin)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan pendekatan Open-Ended terhadap kemapuan berpikir kreatif pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Baubau. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan pendekatan Open-ended dan desain penelitian pretes-postest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Baubau. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling yaitu kelas VIII 5 sebagai kelas Eksperimen dan VIII 4 sebagai kelas Kontrol. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes. Hasil penelitian yang diperoleh: 1) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 49,56; 2) rata-rata kemampuan berpikir kretaif siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 46,63; 3) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 73,38; 4) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 52,81; 5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai = 10,32 dan nilai = 1,69726. Apabila dibandingkan dengan , maka sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kreatif antara siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan Open-Ended dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Sehingga pendekatan Open-Ended mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa.

Copyrights © 2023