EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 1 (2023): February

Media Pembelajaran Digital sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Pendidikan Sejarah

Suparman Arif (Universitas Lampung)
Valensy Rachmedia (Universitas Lampung)
Rinaldo Adi Pratama (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Kegiatan pembelajaran siswa SMA dan SMK mutlak perlu memanfaatkan penggunaan media pembelajaran sejarah digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat dari pelibatan media pembelajaran berbasis digital sebagai sarana pembelajaran bagi mahasiswa pelatihan sejarah. Dalam kegiatan pembelajaran, pendidik khususnya guru atau dosen dapat menggunakan media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami konten yang disajikan. Pembelajaran sejarah melalui materi pembelajaran sejarah pada akhirnya dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang dipelajarinya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam pendidikan sejarah memanfaatkan media pembelajaran sejarah digital dengan baik sebagai sumber belajar. Menurut tanggapan angket siswa 57,1 % sangat setuju dan 34,7% setuju. Artinya, mayoritas siswa berpendapat bahwa media pembelajaran sejarah berbasis digital merupakan sumber belajar yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang dimaksud.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...