Jurnal Simetris
Vol 6, No 1 (2015): JURNAL SIMETRIS VOLUME 6 NO 1 TAHUN 2015

PENGUKURAN SIMILARITAS STRUKTURAL PADA MODEL PROSES BISNIS (STUDI KASUS: ORDER TO CASH DAN PROCURE TO PAY DALAM SISTEM ERP)

Nindyasari, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2015

Abstract

ABSTRAK Proses bisnis merupakan suatu alur proses yang mendukung aktivitas pada suatu perusahaan dalam menjalankan usahanya. Sebuah perusahaan dengan skala multinasional pasti akan mempunyai model proses bisnis yang beragam tidak hanya ratusan tapi bahkan sampai ribuan bisnis proses. Beragam proses bisnis ini digunakan untuk mendukung Enterprice Resource Planning (ERP). Dengan adanya variasi ini maka perlu dilakukan pengukuran model proses bisnis tersebut agar dapat meminimalisir duplikasi proses bisnis tersebut. Salah satu cara yang digunakan untuk mengukur proses bisnis tersebut adalah dengan mengukur similaritasnya. Pada penelitian ini akan dilakukan pengukuran similaritas dari struktur model proses bisnis untuk dua kasus yang berbeda. Pada similaritas struktural ini akan memperhatikan similaritas sintakstik yang terdapat pada teks label proses bisnisnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan pengukuran pada proses bisnis yang mempunyai variasi hampir sama akan menghasilkan nilai similaritas mendekati satu. Sedangkan jika proses bisnis yang diukur berbeda akan menghasilkan nilai similaritas yang rendah yaitu mendekati nol. Kata kunci: model proses bisnis, ERP, similaritas proses bisnis, similaritas struktural, similaritas sintaktis.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

simet

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Simetris terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu untuk periode April dan periode November. Naskah yang diajukan adalah karya ilmiah orisinal penulis dalam bidang teknik elektro, teknik mesin atau ilmu komputer, yang belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diajukan untuk diterbitan di ...