Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Analisis Faktor Konsumen Menggunakan Electronic Shopping Lazada di Kota Palembang

Eko Mohammad Fitrianto (Universitas Sriwijaya)
Welly Nailis (Universitas Sriwijaya)
Iisnawati Iisnawati (Universitas Sriwijaya)
Suhartini Karim (Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian – Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen menggunakan electronic shopping Lazada di kota Palembang Desain/Metodologi/Pendekatan – Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survey dengan 100 orang responden yang eligible berpartisipasi melalui survey online. Responden adalah pengguna dari marketplace Lazada. Temuan – Hasil menunjukan bahwa terdapat empat faktor yang terbentuk dari butir-butir pertanyaan yang diajukan. Butir-butir pertanyaan berkumpul sesuai dengan faktor-faktor yang terbentuk yaitu faktor empati, faktor persuasi, faktor dampak, dan faktor komunikasi. Keterbatasan penelitian – Penelitian ini dilaksanakan sebagai studi deskriptif dimana ditujukan untuk menggambarkan pengelompokan partisipan kedalam grup. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari variabel-variabel tersebut terhadap perilaku konsumen, maka diperlukan penelitian lanjutan yang bersifat studi asosiatif. Originality/value – Penelititian ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen menggunakan electronic shopping.

Copyrights © 2023