CENDEKIA : Jurnal Ilmu Pengetahuan
Vol. 3 No. 1 (2023)

KONSEP PENDIDIKAN TAREKAT DAN TASAWUF KAJIAN SURAT JIN AYAT 16 DAN SURAT AL-JUMU’AH AYAT 2

HUSNIL KHATIMAH (Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanudin Banten)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

The purpose of this research is to find out the concept of Tarekat and Sufism Education contained in Surah Jin Verse 16 and Surah Al-Jumu'ah Verse 2. Furthermore, this type of research is library research, it is qualitative descriptive-analysis. The approach used is the literary approach, which is an approach to studying commentary books and other supporting books related to tarekat and tasawuf. The results of this study indicate that tarekat education is the process of cleansing the soul from disgraceful morals and adorning oneself with noble morals, or it can be interpreted that the tarekat is practicing Islamic teachings in totality, both physically and mentally in order to gain the pleasure of Allah SWT or wushul to Allah. Sufism education is education that specifically focuses on knowledge of defects or heart disease and how to treat them. Meanwhile, the ultimate goal of tarekat and tasawwuf education is to make humans pious, that is, after being careful not to violate the prohibitions of Allah SWT and trying to carry out His commands. This is what is then called insan Kamil as the ultimate goal of Islamic education. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Pendidikan Tarekat dan Tasawuf yang terkandung di dalam Surat Jin Ayat 16 dan Surat Al-Jumu’ah Ayat 2. Selanjutnya, jenis penelitian ini adalah library reseach, sifatnya kualitatif deskriptif-analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kepustakaan, merupakan pendekatan untuk mengkaji kitab-kitab tafsir dan buku lain yang mendukung terkait dengan tarekat dan tasawuf. hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan pendidikan tarekat ialah proses pembersihan jiwa dari akhlak tercela dan menghiasi diri dengan akhlak yang mulia, atau dapat diartikan bahwa tarekat ialah mengamalkan ajaran islam secara totalitas, baik lahir maupun batin demi meraih rida Allah Swt atau wushul pada Allah. Pendidikan tasawuf yakni pendidikan yang secara khusus memfokuskan kajiannya untuk pengetahuan cacat atau penyakit hati dan bagaimana cara mengobatinya. Sedangkan tujuan akhir pendidikan tarekat dan tasawuf adalah menjadikan manusia yang bertaqwa, yaitu setelah berhati-hati agar tidak melanggar larangan Allah SWT dan berusaha melaksanakan perintah-perintah-Nya. Inilah yang kemudian disebut insan kamil sebagai tujuan akhir pendidikan islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan ilmu ...