Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal on Teacher Education

Pengaruh Konseling Kelompok di Sekolah Swasta Berbasis Keagamaan dalam Meningkatkan Displin Belajar Siswa

Della Rahmadani (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Wahidah Fitriani (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi peneliti di salah satu sekolah swasta yang berada di bawah naungan muhammadiyah Di Tanah Datar. MTS S Muhammadiyah batu batu bulat merupakan sekolah swasta berbasis keagamaan yang berada dibawah naungan muhammadiyah bukan berada di dalam dinas pendidikan. Dari fenomena yang peneliti temukan menunjukan ada nya indikator ketidak disiplinan siswa dalam belajar. tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok disekolah swasta yang berbasis keagamaan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. yang menjadi populasi dalam penelitian peneliti ini ialah  siswa kelas VIII yang menjadi subjek peneliti berjumlah 75 orang siswa teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling dengan mengambil 20 orang siswa sebagai sampel penelitian. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara membandingkan hasil rerata pretest dan posttest kelompok ekperimen dengan memakai metode statistik uji-t. berdasarkan hasil penelitian yang digunakan maka di peroleh  (10,68) > tt (2,262) pada db = 9 taraf signifikasi 5%. Dengan demikian, maka hipotesis alternatif () diterima dan (Ho) ditolak pada taraf signifikan 5% dengan db atau df= 9. Ini berarti bahwa konseling kelompok berpengaruh signifikan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di sekolah swasta yang berbasis keagamaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...