Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol 2, No 2 (2015): Wisuda Oktober Tahun 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 4 PEKANBARU

Amran, Fitriyah (Unknown)
Amran, Elva Yasmi Amran Yasmi (Unknown)
Holiwarni, Betty Holiwarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 May 2015

Abstract

Abstrak : Penelitian penerapan model pembelajaran prolem based learning bertujuan untuk mencapai ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di kelas XI IPA SMAN 4 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan desain One Shotstudy Case. Waktu pengambilan data dari tanggal 18 November sampai 28 November 2014. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan dari 5 kelas IPA, diperoleh kelas MIA 5. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentasi ketuntasan belajar klasikal. Hasil akhir dari penelitian didapatkan ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 93,55%, artinya penerapan model pembelajaran problem based learning dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di kelas XI MIA SMAN 4 Pekanbaru. Kata Kunci : Problem Based Learning, Ketuntasan Belajar, Kesetimbangan Kimia

Copyrights © 2015