Wahana Didaktika
Vol. 21 No. 2 (2023): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Penerapan Gaya Mengajar Periksa Diri (Self Check Style) Pada Siswa

Nurkhoiroh Nurkhoiroh (Universitas Negeri Gorontalo)
Meri Haryani (Universitas Negeri Gorontalo)
Khoirul Anwar Pulungan (Universitas Negeri Gorontalo)
Arief Ibnu Haryanto (Universitas Negeri Gorontalo)
I Kadek Suardika (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untukmngetahui peningkatan hasil beajar lari spint melalui penerapan gaya mengajar periksa diri (self check style) pada siswa kelas VIII SMP 14 Medan. Penelitian ini dilaksanankan di SMP 14 Medan, waktu penelitian dilaksanankan selama 2 minggu. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 44 orang. Metode dalam penelitian menggunakan PTK (Penelitian Tindakan kelas). Hasil penelitian menunjukkkan bahwa pembelajaran melalui penerapan Gaya mengajar periksa diri (self check style) dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint,nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 53,38 (tidak tuntas), pada tes siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 59,63 (tidak tuntas), dan pada pelakanaan tes siklus II nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 25%, pada tes siklus I meningkat menjadi 43,18%, dan pada pelaksanaan tes isklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 86,36%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...