Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Menakar Tingkat Keterampilan Berfikir Kritis Dosen Jurusan Pendidikan IPS Pada Perguruan Tinggi Negeri Di Kota Pekanbaru

Indra Primahardani (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2023

Abstract

Keterampilan berpikir kritis memberikan gambaran proses pemikiran yang reflektif, logis dan rasional dalam membuat sebuah keputusan. Penelitian ini bertujuan menakar tingkat keterampilan berfikir kritis dosen Jurusan Pendidikan IPS pada perguruan tinggi negeri di Kota Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen Jurusan Pendidikan IPS pada perguruan tinggi negeri di Kota Pekanbaru sebanyak 62 orang yang pada dua Universitas, yakni Universitas Riau dan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru dan menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian menggunakan Teknik sampel jenuh. Data dikumpulkan menggunakan angket yang berpedoman pada 5 indikator yang dikemukakan Marzano. Analisis data dilakukan dengan menghitung persentase skor yang dipilih untuk seluruh item kemudian dilakukan interpretasi menjadi beberapa kategori yakni baik sekali (86-100%), baik (76-85%), cukup (60-75%), kurang (55-59%) dan kurang sekali (? 54%). Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterampilan berfikir kritis dosen-dosen Jurusan Pendidikan IPS pada perguruan tinggi negeri di Kota Pekanbaru berda pada kategori baik yakni mencapai 77,46%. Hasil tersebut didapat dari tiap indikator meliputi indikator mengevaluasi keefektifan tindakan sebesar 80,25% (baik), indikator jelas dan mencari kejelasan sebesar 72,58% (cukup baik), indikator bersifat terbuka sebesar 82,65% (baik), indikator mampu menempatkan diri ketika ada jaminan sebesar 75,4% (baik), dan indikator bersifat sensitif dan tahu kemampuan pengetahuan teman sebesar 76,2%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...