SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 3 No. 1 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN IPA

PUJI EDI BASUKI (MTsN 5 Jombang)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2023

Abstract

This research is a classroom action research using a learning model discovery learning to improve student learning outcomes for Class VIII-D MTsN 5 Jombang for the 2021-2022 Academic Year. The problem to be solved in this study is the low science learning outcomes of class VIII-D MTsN 5 Jombang, this is because students are passive and bored in learning. This study aims to determine the increase in students' cognitive science learning outcomes after the teacher applies the discovery learning learning model to the human digestive system material in class VIII-D MTsN 5 Jombang in the 2021/2022 academic year. This research was conducted in 2 cycles, while the implementation of this research was carried out in each cycle through four stages, namely Planning, Implementation, Observation and Reflection. Based on the results of the research, it can be seen that the application of the discovery model can improve student learning outcomes in class VIII-D MTsN 5 Jombang in science subjects from before the action, cycle I, cycle II. Before the action, it was known that 5 students had completed with 21% classical completeness, in cycle I it was known that 21 students had completed with 72,41% classical completeness, while in cycle II it was known that 28 students had completed with 96,66% classical completeness. Thus it can be concluded that the application of the discovery model can improve student learning outcomes in class VIII-D MTsN 5 Jombang in science subjects. ABSTRAKPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII-D MTsN 5 Jombang Tahun Pelajaran 2021-2022. Masalah yang akan dipecahkan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VIII-D MTsN 5 Jombang, hal ini disebabkan siswa bersifat pasif dan bosan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif IPA peserta didik setelah guru menerapkan model pembelajaran discovery learning pada materi gerak benda pada peserta didik kelas VIII-D MTsN 5 Jombang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus, sedangkan pelaksanaan penelitian ini masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahapan , yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D MTsN 5 Jombang dalam mata pelajaran IPA dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui 5 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 21%, pada siklus I diketahui 24 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 72,41%, sedangkan pada siklus II diketahui 28 siswa yang tuntas dengan ketuntasan klasikal 96,66%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-D MTsN 5 Jombang dalam mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...