eProceedings of Engineering
Vol 8, No 5 (2021): Oktober 2021

Virtualisasi Gerakan Jari Tangan Berdasarkan Data Motion Capture

Muhammad Nabil Ghifari (Telkom University)
Anton Siswo Raharjo Ansori (Telkom University)
Ashri Dinimaharwati (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2021

Abstract

Interaksi virtual adalah kegiatan yang memungkinkan user pada dunia nyata dapat berinteraksi dengan sesuatu pada dunia virtual. Membuat sebuah interaksi antara benda nyata dengan benda virtual menjadi salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam pengembangan teknologi virtual reality (VR). Dalam penelitian ini sebuah projek Unity3D dibuat untuk virtualisasi gerakan jari tangan berdasarkan data motion capture, yang dimana user menggunakan alat motion capture lalu menggerak – gerakan jari tangannya. Data pergerakan tersebut kemudian digunakan Unity3D untuk menggerakan jari tangan model 3D. User dapat berinteraksi dengan menggunakan gerakan jari tangan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terdapat delay selama 28.23 detik pada proses pergerakan jari tangan virtual. Tangan virtual pada Unity3D dapat menirukan semua pergerakan jari tangan asli sehingga memiliki akurasi 100% dalam kesesuaian gerakan. Kata kunci : Realita Virtual, Penangkap Gerakan, Unity3D.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...