Mahasiswa dituntut untuk mampu belajar mandiri dalam pembelajaran Dalam Jaringan (Daring), akan tetapi pembelajaran daring ini memiliki kelemahan yang berdampak memicu Stres akademik pada mahasiswa seperti jaringan yang tidak mendukung dan faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Stres akademik pada mahasiswa dalam pembelajaran daring. Perubahan metode atau model pendidikan yang awalnya Luar Jaringan (Luring) berubah menjadi metode Daring memaksa dosen dan mahasiswa untuk mampu beradaptasi. Akibatnya tidak sedikit mahasiswa mengalami Stres akademik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu Quasi eksperimen desain with multiple substantive possttest aproach. Sampel diambil dengan teknik total sampling, jumlah sampel penelitian sebanyak 224 mahasiswa semester III di FIK Unissula Semarang dan Stikes Duta Gama Klaten. Pada Penelitian kali ini untuk melihat adanya pengaruh atau tidak menggunakan uji korelasi determinant coefficient. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas mahasiswa menilai pembelajaran daring kurang efektif sebanyak 137 mahasiswa (61,2%), dan untuk Stres akademik mahasiswa mayoritas mengalami Stres tingkat sedang sebanyak 145 mahasiswa (64,7%). Ada pengaruh pembelajaran daring dengan nilai sig 0,000 <0,05, pembelajaran daring mempunyai pengaruh terhadap Stres akademik dengan nilai R -0,268 , Hal ini menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran daring terhadap Stres akademik dengan hubungan negatif, jika pembelajaran daring efektif maka Stres akademik akan menurun, sebaiknya jika pembelajaran daring tidak efektif maka Stres akademik akan meningkat.
Copyrights © 2022