Edukasi pertolongan pertama pada fraktur tulang panjang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa dalam melakukan pertolongan pertama. Fraktur atau patah tulang adalah kondisi dimana kontinuitas jaringan tulang dan atau tulang rawan terputus secara sempurna atau Sebagian. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pengaruh Edukasi Pembidaian Terhadap pengetahuan Mahasiswa Semester IV dalam Memberikan Pertolongan Pertama pada Fraktur Tulang Panjang di Universitas Muhammadiyah Manado. Metode Penelitian metode deskriptif eksperimen dengan desain penelitian one group pre and posttest design. Sampel sebanyak 12 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji Statistik Menggunakan uji MC Nemar dengan tingkat kebermaknaan (α) = 0.05. Hasil penelitian dari hasil uji MC Nemar didapatkan nilai P Value = 0.004 dengan signifikansi <0.05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2023