Penelitian ini bertujuan untuk, 1) Mengetahui Model-model pembelajaran yang digunakan guru di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai, 2) Mengetahui kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai, 3) Mengetahui upaya untuk mengatasi kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh dari hasil penelitian diolah menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Model-model pembelajaran yang digunakan guru pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai yaitu model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, model pembelajaran kooperatif tipe CTL; 2) Kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pembelajaran IPS di SMP Negeri I Atap Palangka Kabupaten Sinjai yaitu dalam pelaksanaan model pembelajaran masih ada siswa yang belum siap mengikuti pelajaran, serta penggunaan model pembelajaran yang belum pernah diaplikasikan sebelumnya, siswa masih bingung, kemudian terdapat faktor lain seperti latar belakang pendidikan guru, sehingga tidak menguasai materi yang diajarkan; 3) Beberapa upaya untuk mengatasi kendala yaitu melakukan pengayaan, melakukan refleksi, memberikan penguatan atau peningkatan motivasi atau keterampilan belajar dan menggunakan model pembelajaran yang tepat.Social Studies learning models in SMP Negeri 1 Atap Pangka, Sinjai RegencyThis study aims to 1) Know the learning models used by teachers at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency, 2) Know the obstacles in using learning models in social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency, 3) Know the efforts to overcome obstacles in the use of learning models in social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency. Data collection techniques were conducted through documentation, observation and interviews. The data obtained from the research results are processed using qualitative analysis. The results showed: 1) The learning models used by teachers in social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka, Sinjai Regency, namely the direct learning model, the STAD type cooperative learning model, the jigsaw type cooperative learning model, the CTL type cooperative learning model; 2) There are constraints to using the learning model for social studies subjects at SMP Negeri I Atap Palangka Sinjai Regency: followed: students are not ready to take lessons; the use of learning models that have never been applied before; students are still confused; and teacher's educational background so that they do not master the material being taught; 3) Several attempts to overcome obstacles, namely conducting enrichment, reflecting, providing reinforcement or increasing motivation or learning skills and using appropriate learning models.
Copyrights © 2023