Equilibrium
Vol 10, No 19 (2014): Equilibrium

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KOMITMEN PROFESI GURU SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA GURU (Survey pada Guru Ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kuningan)

Suhartini, Cucu ( Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap komitmen profesi guru ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kuningan, (2) pengaruh budaya sekolah terhadap komitmen profesi guru ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kuningan, (3) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kuningan, (4) pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru ekonomi SMA Negeri di Kabupaten Kuningan, dan (5) pengaruh komitmen profesi guru terhadap kinerja guru ekonomi SMA Negeri di Kabupaten  Kuningan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Adapun untuk populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Ekonomi sebanyak 63 orang dari 19 SMA Negeri di Kabupaten Kuningan. Dalam penelitian ini penulis akan menggunakan seluruh populasi dari subjek penelitian sebagai sampel.  Dalam penelitian ini untuk jenis instrumen yang digunakan adalah jenis angket yang mengukur skala sikap dari Likert dengan 5 (lima) alternatif jawaban. Adapun Teknik analisis data yang digunakan  adalah dengan menggunakan path analysis (analisis jalur). Semua analisis dan perhitungan penulis menggunakan Program SPSS For Windows Versi 15.0.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...