Distribusi
Vol. 11 No. 1 (2023): Distribusi, March 2023

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN JASA HOTEL, RESTORAN DAN PARIWISATA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA SEBELUM DAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Sri Wahyuni Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja keuangan perusahaan jasa hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebelum dan selama pandemi covid-19. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan laba rugi dan laporan keuangan neraca perusahaan jasa hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019 sampai tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah perusahaan 21 perusahaan jasa hotel, restoran, dan pariwisata. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rasio keuangan yang terdiri dari empat rasio yaitu rasio likuiditas (current ratio), rasio solvabilitas (debt to equity ratio), rasio profitabilitas (return on equity), dan rasio pasar (price earning ratio). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan jasa hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebelum pandemi covid-19 ditinjau dari rasio likuiditas, solvabilitas dapat dikatakan “Baik”. Sedangkan jika ditinjau dari rasio profitabilitas dan rasio pasar kinerja keuangan perusahaan dapat dikatakan “Tidak Baik”. Kinerja keuangan perusahaan jasa hotel, restoran, dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama pandemi covid-19 ditinjau dari rasio likuiditas dan solvabilitas dapat dikatakan “Baik”. Sedangkan jika ditinjau dari rasio profitabilitas dan rasio pasar kinerja keuangan perusahaan dapat dikatakan “Tidak Baik”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

distribusi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya terus melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan melakukan pemasangan baru sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Kecepatan pemasangan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pelayanan dan persepsi pelanggan terhadap perusahaan. PT ...