Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peningkatan Prestasi Belajar Kognitif Dengan Model Problem Based Learning Kelas IV SDN Panggung Lor Semarang

Halimah Halimah (Universitas PGRI Semarang)
Duwi Nuvitalia (Universitas PGRI Semarang)
Henry Januar Saputra (Universitas PGRI Semarang)
Catur Prasetiawati (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dengan model Problem Based Learning (PBL) kelas IV SDN Panggung Lor. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian kelas IV dengan jumlah 28 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan diantaranya tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mata pelajaran PKn mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 diperoleh rata-rata 83 dengan ketuntasan 75%, siklus 2 rata-rata 86 dengan ketuntasan 89%, dan siklus 3 rata-rata 89 dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV mengalami peningkatan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...