Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Implementasi Karakter Mandiri Melalui Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IC di SD Supriyadi Semarang

Niken Wulandari (Universitas PGRI Semarang)
Duwi Nuvitalia (Universitas PGRI Semarang)
Farida Nursyahidah (Universitas PGRI Semarang)
Aini Istikomah (SD Supriyadi Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi karakter mandiri melalui project based learning (PjBL) pada pembelajaran matematika kelas IC di SD Supriyadi Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD Supriyadi Semarang. Informan dalam penelitian ini meliputi 27 peserta didik kelas IC di SD Supriyadi Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Proses analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) inisiatif, (2) percaya diri, (3) motivasi, (4) disiplin, dan (5) tanggung jawab sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi karakter mandiri melalui problem based learning (PjBL) pada pembelajaran matematika kelas IC di SD Supriyadi Semarang diperlukan pembiasaan dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...