RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 9, No 1 (2023)

PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Ari Wahyu Leksono (Universitas Indraprasta PGRI)
Albertus Maria Setyastanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Rendika Vhalery (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Data BPS tahun 2022 pada bulan agustus menunjukkan bahwa tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 5,86% atau sebanyak 8,4 juta orang menganggur. Angka pengangguran ini mengalami peningkatan apabila dibandingkan dengan periode-periode sebelumnya. Salah satu alternatif untuk mengurangi tingkat pengangguran adalah dengan kegiatan kewirausahaan.  Namun, kesulitan yang paling banyak ditemukan adalah menumbuhkan minat berwirausaha. Bahkan mahasiswa Unindra pun memiliki kategori yang rendah. Rendahnya minat berwirausahan dipengaruhi banyak faktor, salah satunya adalah literasi kewirausahaan. namun kepastian ini akan diuji dalam penelitian ini. Penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif yang dilakukan di Universitas Indraprasta PGRI jakarta pada bulan Januari hingga Maret tahun 2023. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling untuk mengkhususkan prodi Pendidikan ekonomi sebagai responden untuk berpartisipasi sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Penyebaran kuesioner dilakukan sebanyak dua kali. Penyebaran pertama digunakan untuk menguji instrument (validitas dan reliabilitas), penyebaran kedua digunakan untuk mengumpulkan data penelitian untuk dianalisis data. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dengan mengikuti langkah-langkah prasyarat. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh literasi kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...