Rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks narasi di sekolah menjadi latar belakang artikel ini. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahuga. Pendekatan dalam artikel ini yakni pendekatan kuantitatif. Sampel diperoleh menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa: 1) penguasaan kosakata siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 64,75 dengan kategori cukup baik; 2) kemampuan menulis teks narasi siswa secara keseluruhan memperoleh skor rata-rata 65,83 dengan kategori cukup baik; dan 3) ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahuga sebesar 0,920 dengan kategori keeratan korelasi sangat kuat (rhitung= 0,920 pada taraf nyata ɑ=0,05 dengan N=56, rtabel=0,259, dan rh>rt). Berdasarkan data hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks narasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bahuga.
Copyrights © 2023