Global Medical and Health Communication
Vol 3, No 1 (2015)

Pengaruh Inovasi Jasa dan Harga Terhadap Nilai yang Dirasakan Pasien di Stroke Center RS. Al-Islam Bandung

Irasanti, Siska Nia ( Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung)
Azis, Yudi ( Universitas Padjadjaran)
Sukarya, Wawang S ( Fakultas Kedokteran Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2015

Abstract

Abstrak Rumah sakit sebagai salah satu industri jasa harus dapat menghasilkan produk barang maupun jasa dengan kualitas yang baik. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh  inovasi jasa dan harga pada nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center RS Al Islam Bandung. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan survei. Waktu penelitian adalah bulan November-Desember tahun 2015. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pasien Stroke Center RS Al Islam Bandung. Jumlah sampel adalah 256 responden dan dikumpulkan dengan teknik accidental samping. Alat pengambil data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SEM (structural equation modelling) dengan LISREL versi 8.80. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif yang secara statistik bermakna (kategori kekuatan sedang) dari variabel inovasi jasa dan harga terhadap nilai yang dirasakan pasien di Stroke Center RS Al Islam Bandung secara parsial sebesar 20,25% (t hitung 2,20 dan 1,98 > tabel=1,98 dan α=0,05) dan secara simultan sebesar 44,3% (F=0,001<F tabel=0,005 dengan α=0,05). Walaupun demikian, masih ada faktor lain yang mempengaruhi nilai yang dirasakan di Stroke Center RS Al Islam Bandung dan tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 55,7%. Kata kunci : nilai yang dirasakan pasien, rumah sakit, inovasi jasa, harga, stroke center.   THE EFFECT OF SERVICES  INNOVATION AND PRICE TO THE CUSTOMER PERCEIVED VALUE AT STROKE  CENTER                  BANDUNG AL ISLAM HOSPITAL Abstract Hospital as one of service industry need to produce good services. The aim of this study was to describe the effects of service innovation and price on customer perceived value in Stroke Center of Al Islam Hospital, Bandung. This was an analytical observational study using survey. Subjects were 256 patients in Stroke Center of Al Islam Hospital, Bandung using accidental sampling method. Data were collected through questionnaires and interviews. Analysis used SEM (structural equation modeling) with LISREL version 8.80. The results of this study showed that service innovation and price had positive and significant influence (moderate effects) to customer perceived value in Stroke Center of Bandung Al Islam Hospital. The partially influence was detected at 20,25% (t value 2,20 and 1,98 > t table=1,98 with α=0,05) and the simultaneous influence was 44.3% (F significance = 0.001 < F table = 0.005 with α= 0.05). There were another influencing factors that affected customer perceived value in Stroke Center of Bandung Al Islam Hospital by 55,7%. Key words: customer perceived value, hospital, service innovation, price, stroke center

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

gmhc

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Immunology & microbiology Nursing Public Health

Description

Global Medical and Health Communication is a journal that publishes research articles on medical and health published every 4 (four) months (April, August, and December). Articles are original research that needs to be disseminated and written in English. Subjects suitable for publication include ...