MAGISTRA
Vol 26, No 92 (2015): Magistra Edisi Juni

BAHASA PENCITRAAN DALAM IKLAN KAMPANYE PILKADA KABUPATEN BOJONEGORO

Asror, Abdul Ghoni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Penelitian tentang Bahasa Pencitraan dalam Iklan Kampanye Pilkada Kabupaten BoJonegoro. Pada hakikatnya Setiap teks selalu terkandung ideologi. Bahasa tidak dapat dipandang sebagai entitas yang netral, tetapi memiliki ideologi yang membawa muatan kekuasaan. Ideologi dan kekuasaan tercermin dalam pemakaian kosakata, kalimat, dan struktur wacana. Iklan kampanye sebagai sebuah teks adalah satu sistem tanda tergorganisir  yang merefleksikan sikap,  keyakinan dan  nilai-nilai tertentu. Kemasan  iklan kampanye politik secara sengaja dibuat  untuk membuat citra tokoh yang ditawarkan sebagai pilihan yang paling tepat. Penggunaan bahasa iklan kampanye menjadi manifestsi ekspresi ideologi untuk membentuk pendapat umum dengan mencitrakan diri secara positif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pencitraan calon bupati dan wakil bupati pada tahun 2012 silam dilakukan dengan memanfaatkan aspek-aspek formal teks yang meliputi pecitraan pada level kosa kata dan  pencitraan pada level gramatika. Pada level kosa kata, Caleg  mencitrakan diri melalui (1) klasifikasi kosa kata, (2) kosa kata yang diperjuangkan, (3) kosa kata yang memarjinalkan orang lain, (4) kosa kata yang bernuansa kedaerahan. Pada level gramatika, Caleg mencitrakan diri melalui (1) modalitas, (2) pronomina, (3) kalimat positif-negatif, dan (4) kata penghubung. Kata Kunci: Bahasa pencitraan, wacana,  dan  iklan kampanye

Copyrights © 2015