Auladuna
Vol 1, No 2 (2014): Auladuna

KORELASI ANTARA PENERAPAN METODOLOGI PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN MENGAJAR DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Saprin, Saprin ( Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui korelasi penerapan metodologi pembelajaran dan keterampilan mengajar dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian dilakukan pada sejumlah 545 orang mahasiswa angkatan tahun 2010, dan seluruh dosen yang berjumlah 125 orang yang disampel masing-masing 108 orang mahasiswa dan 93 orang dosen dengan simple random sampling sehingga diperoleh data melalui instrumen angket, dan studi dokumentasi untuk dianalisis baik dengan statistik deskriptif maupun dengan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa penerapan metodologi pembelajaran tidak berkorelasi secara positif dengan penerapan keterampilan mengajar dan korelasi antara penerapan metodologi pembelajaran secara bersama-sama penerapan keterampilan mengajar dengan prestasi akademik mahasiswa dapat dinyatakan sangat rendah.Abstract: This study aims to determine the correlation between the application of the methodology of learning, teaching skills, and students academic achievement at the Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Alauddin Makassar. The population of the study was 545 students from the 2010 entrance year, and 125 lecturers of the faculty. The sample on this study was taken by using simple random sampling technique, which consisted of 108 students and 93 lecturers. To obtain the data, the researcher used questionnaires, and documentation. The data analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that the application of learning methodology were not correlated positively with the teaching skills. while the correlation between the application of the learning methodology and the teaching skills with students academic achievement can be stated very low.

Copyrights © 2014