Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 3 No. 5 (2023)

Pengaruh Mediasi Orang Tua pada Penggunaan Media Digital Terhadap Perilaku Eksternalisasi Anak Usia Dini

Lia Ratnaningtyas (Universitas Negeri Malang)
Supriyono Supriyono (Universitas Negeri Malang)
M. Ishaq (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Abstract: The study aimed to investigate the effect of parental mediation on children's externalizing behavior related to digital media use. The research used a quantitative method and a correlational descriptive approach, with a sample of 63 parents from Raudhatul Athfal, Lembeyan District, Magetan Regency. The results indicated a high level of parental mediation in the restrictive, active, and observant sub-variables. Children's externalization behavior was found to be low, with a negative effect between parental mediation and externalization behavior. The study recommended that parents increase their knowledge about parenting and the mediation model of parents in using digital media, while educators should develop effective parenting models for early childhood. Future researchers are advised to use qualitative research methods to further investigate parental mediation in the use of digital media and its impact on children's externalizing behavior. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mediasi orang tua terhadap perilaku eksternalisasi anak di Raudhatul Athfal Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan. Dalam penelitian ini, 63 responden dipilih dari 634 orang tua menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mediasi orang tua secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, sedangkan perilaku eksternalisasi anak berada pada kategori rendah. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh negatif antara mediasi orang tua terhadap perilaku eksternalisasi anak. Peneliti menyimpulkan bahwa orang tua yang menerapkan kombinasi dari ketiga jenis mediasi orang tua, memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi, memiliki komunikasi yang baik, dan persepsi risiko penggunaan internet netral, dapat mengurangi munculnya perilaku eksternalisasi anak. Disarankan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai parenting terutama model mediasi orang tua dalam penggunaan media digital bagi orang tua anak usia dini. Pendidik PAUD juga disarankan untuk mengembangkan model parenting yang efektif terkait media digital bagi orang tua anak usia dini. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menggali lebih dalam mengenai mediasi orang tua pada penggunaan media digital dan dampaknya pada perilaku eksternalisasi anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...