Fokus masalah dalam penelitian ini adalah profesionalisme guru. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis hubungan manajemen berbasis sekolah dalam hal ini keberlanjutan, menyeluruh dan kemandirian terhadap peningkatan profesionalisme guru pada Sekolah Dasar Inpres Pampang II Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan parametrik dan non parametrik. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang diberikan kepada seluruh pegawai dan orang tua siswa sekaligus komite sekolah yang berhubungan terhadap hasil penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara parsial keberlanjutan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) memiliki hubungan yang kuat secara signifikan terhadap profesionalisme guru, secara pasial aspek menyeluruh Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) juga memiliki hubungan yang kuat terhadap peningkatan profesionalisme guru, sedangkan secara parsial kemandirian Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) memiliki hubungan yang sedang secara signifikan terhadap peningkatan profesionalisme guru di Sekolah Dasar Inpres Pampang II Makassar
Copyrights © 2023