SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 3 No. 1 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA SISWA KELAS VII. A MTsN I PALEMBANG

KASMA BETTY (MTs Negeri 1 Palembang)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2023

Abstract

The problem of not optimal learning outcomes in mathematics and the anxiety of learning mathematics in class VIIA MTsN I Palembang became the basis for conducting this classroom action research (CAR). The purpose of this PTK is to improve mathematics learning outcomes and reduce the anxiety of learning mathematics in class VIIA MTsN I Palembang by applying the Joyful Learning method. Joyful Learning is a learning method that emphasizes creating a fun atmosphere so that students can learn without burden and fear. This study applies the Joyful Learning method to Integer material. The subjects of this study were 33 students of class VIIA MTsN I Palembang. This research was carried out in three cycles with four stages in each cycle, namely planning, action, observation and reflection. Data collection methods used are the method of documentation, observation, interviews and tests. The data obtained in this study are quantitative data and qualitative data. The results showed that the average learning outcomes in cycle I was 75.15 and increased in cycle II to 75.90 and continued to increase in cycle 3 to 85.18 (each cycle had reached KKM). However, the percentage of classical completeness in cycle I (69.70%) has not yet reached the classical mastery limit, while in cycle II (87.88%) and in cycle 3 it has reached 100%. Based on these results, it can be concluded that the application of the Joyful Learning method can improve mathematics learning outcomes in class VII students. AMTsN I Palembang ABSTRAKPermasalahan tidak optimal nya hasil belajar matematika dan adanya kecemasan belajar matematika siswa kelas VIIA MTsN I Palembang menjadi dasar dilakukannya penelitian tindakan kelas (PTK) ini. Tujuan PTK ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan mengurangi kecemasan belajar matematika pada siswa kelas VIIA MTsN I Palembang dengan menerapkan metode Joyful Learning. Joyful Learning merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada tercipta nya suasana menyenangkan sehingga peserta didik dapat belajar tanpa beban dan rasa takut. Penelitian ini menerapkan metode Joyful Learning pada materi Bilangan bulat . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTsN I Palembang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan tiga siklus dengan empat tahap pada setiap siklus nya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 75,15 dan meningkat pada siklus II menjadi 75,90 dan terus mengalami peningkatan pada siklus 3 menjadi 85,18 (masing-masing siklus telah mencapai KKM). Namun demikian, persentase ketuntasan klasikal pada siklus I (69,70 %) belum mencapai batas ketuntasan klasikal, sedangkan pada siklus II (87,88%) dan pada siklus 3 menjadi 100 % telah mencapai batas tersebut. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Joyful Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII. AMTsN I Palembang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

science

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ...