Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam
Vol 11, No 02 (2022): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam

Sikap Siswa Atas Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Menyimak Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Penelitian di SMK se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur)

Sutiono Sutiono (Universitas Islam As-Syafi’iyah)
Marliza Oktapiani (Universitas Islam As-Syafi’iyah)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Tujuan panelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sikap siswa atas model pembelajaran kontekstual dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SMK Se-Kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa : l) Hasil pengujian hipotesis pertama diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif sikap siswa atas model pembelajaran kontektual dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,778. Hubungan regresi bersifat linier dengan model persamaan Y = -21,680 + 1,309Xl. 2) Hasil pengujian hipotesis kedua diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi berprestasi dengan hasil belajar Pendidikan Agama siswa, dengan koefisien korelasi sebesar 0,735. Hubungan regresi bersifat linier dengan model persamaan Y = -12,309 + 1,185X2. 3) Hasil pengujian hipotesis ketiga diperoleh kesimpulan bahwa secara bersama-sarma terdapat hubungan positif variable bebas sikap siswa atas model pembelajaran kontektual (X1) dan motivasi berprestasi (X2) dengan variabel terikat hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa (Y) dengan koefisien korelasi sebesar 0,854. Hubungan regresi ganda bersifat linier dengan model persamaan Y = -43,035 + 0,894Xl + 0,695X2. 4) Variabel bebas sikap siswa atas model pembelajaran kontektual (X1) dan motivasi berprestasi (X2) baik secara masing-masing maupun bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variable terikat hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa (Y). kontribusi masing-masing variable bebas terhadap variable terikat ada: a) Variabel sikap siswa atas model pembelajaran kontektual sebesar 60,5%, b) Variabel motivasi berprestasi sebesar 54%. Kontribusi kedua variabel bebas secara bersama sama terhadap variabel terikat adalah 72,9% Dengan diketahuinya sumbangan variable sikap siswa atas model pembelajaran kontektual (X1) dan motivasi berprestasi (X2) sebesar 72,9% terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa, maka dapat diambil kesimpulan bahwa 27,1% hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa disebabkan oleh faktor-faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ei

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam - EI: adalah peer review jurnal nasional yang diterbitkan oleh Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor pada program studi Pendidikan Agama Islam. Jurnal ini berfokus pada isu-isu pendidikan Islam. Kami mengundang ilmuwan, peneliti, serta ...