el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education
Vol 6, No 1 (2023): el-ibtidaiy

Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Video Comment pada Siswa Sekolah Dasar

elvina - - (STKIP Rokania)
Rinja Efendi (STKIP Rokania)
Delia Putri (STKIP Rokania)
Safrudin - (STKIP Rokania)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Keterampilan berbicara sangat penting bagi siswa, karena dengan terampil berbicara dapat bermanfaat bagi siswa untuk masa akan datang. Kenyataan yang ditemui di lapangan, siswa kurang terampil berbicara untuk mengemukakan pendapatnya. Beberapa faktor penyebab yakni: siswa kurang percaya diri, siswa kurang berani menyampaikan pendapat karena takut salah, kesulitan siswa menggunakan kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang dimaksud sehingga kurang tersampaikan dengan baik. Tujuan penelitian ini peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi video comment pada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus. Jumlah subjek pada penelitian sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa dan lembar indikator keterampilan berbicara. Siklus I jumlah siswa taraf keberhasil “Sangat baik”, 2 siswa dengan persentase 10%, taraf “baik” terdapat 4 siswa persentase 20%, “cukup” terdapat 10 siswa persentase 50%, “kurang” ada 4 siswa persentase 20%. Siklus II taraf keberhasil “sangat baik” terdapat 6 siswa persentase 30%, taraf “baik” terdapat 14 siswa persentase 70%, dan tidak ada siswa pada taraf “cukup dan kurang”. Siklus III taraf keberhasilan “sangat baik” terdapat 17 siswa persentase 85%, pada taraf “baik” terdapat 3 siswa persentase 15%, dan tidak terdapat siswa pada taraf “cukup dan kurang”. Sedangkan pada aktivitas siswa yakni 19 dengan rata-rata 67,85%. Pada siklus ke dua terlihat jumlah skor 24 dengan rata-rata 85,71%. Selanjutnya dilihat pada siklus ke tiga dengan jumlah skor 27 dengan rata-rata 96,42%. Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan penelitian peningkatan keterampilan berbicara melalui strategi video comment ini  berhasil karena hasil yang diperoleh meningkat setiap siklusnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elibtidaiy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

el-Ibtidaiy : Journal of Primary Education (e-ISSN 2615-6121/p-ISSN 2620-3251) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan ...