Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Bilangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Di SDN Sambirejo 02 Semarang

Risti Astuti (Universitas PGRI Semarang)
Duwi Nuvitalia (Universitas PGRI Semarang)
Filia Prima Artharina (Universitas PGRI Semarang)
Mujilah Mujilah (SDN Sambirejo 02 Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Sambirejo 02 Semarang melalui penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media kartu bilangan. Penelitian tindakan kelas varietas Kemmis dan McTaggart merupakan metodologi yang digunakan. Sebanyak 29 siswa kelas III SDN Sambirejo 02 Semarang menjadi peserta penelitian. Tes, observasi, dan dokumentasi digunakan dalam pengumpulan data. Ukuran ketuntasan kelas minimal 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas III SDN Sambirejo 02 Semarang mencapai hasil belajar yang lebih baik apabila menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan kartu bilangan. Hal ini tercermin dari rata-rata skor Siklus I sebesar 80,69 dan nilai capaian sebesar 79%. Hasil belajar siswa dari Siklus I meningkat pada Siklus II yaitu 83,79 dengan capaian ketuntasan belajar klasikal 90%. Sehingga dapat dipahami bahwa siswa kelas III SDN Sambirejo 02 Semarang akan lebih banyak belajar, dengan menggunakan masalah- pendekatan pembelajaran berbasis masalah didukung dengan media kartu bilangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...