Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas Wapunto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini sebanyak tiga orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mengukur kepuasan pasien Kartu Indonesia sehat menggunakan lima dimensi pengukuran kepuasan yaitu: dimensi ketanggapan didapatkan pasien sudah puas dengan pelayanan di Puskesmas Wapunto. Dimensi keandalan didapatkan pasien belum sepenuhnya merasa puas karena pelayanan yang ada di Puskesmas Wapunto memakan waktu cukup lama dan merasa masih perlu adanya penambahan jumlah sumber daya manusia. Dimensi empati didapatkan pasien sudah puas dengan pelayanan di Puskesmas Wapunto. Dimensi jaminan didapatkan pasien belum sepenuhnya merasa puas karena masih terdapat pasien yang masih dimintai melakukan proses pembayaran meskipun ia merupakan pengguna Kartu Indonesia Sehat. Dimensi bukti langsung didapatkan pasien sudah puas dengan pelayanan di Puskesmas Wapunto.Kata kunci : Analisis Pelayanan, Jaminan Kesehatan, Kepuasan Pasien.
Copyrights © 2022