JS (Jurnal Sekolah)
Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018

PENGARUH MEDIA KOLINGTAR (DAKON LINGKARAN PINTAR) PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD

Hesti Wulandari (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Joko Siswanto (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Veryliana Purnamasari (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Abstrak : Pengaruh Media Kolingtar (Dakon Lingkaran Pintar) pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kolingtar (dakon lingkaran pintar) terhadap hasil belajar peserta didik tema permainan tradisional kelas III SDN Dumeling 02 Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Data didapat dari rata-rata nilai pretest adalah 68,4 dan rata-rata nilai posttest meningkat menjadi 84,09. Hasil analisis uji-t (dua pihak) diperoleh thitung (1,69) >ttabel (1,679) jadi H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media kolingtar (dakon lingkaran pintar) pada pembelajaran kooperatif tipe Bamboo Dancing berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.Kata Kunci : Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing, Media Kolingtar, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...