JS (Jurnal Sekolah)
Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018

PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTU MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

Pudwi Dyah Pramita (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Abstrak: Pengaruh Pendekatan Scientific Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi pecahan di SDN 2 Kancilan Jepara. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan seluruh kelas III SDN 2 Kancilan tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil posttest dari pada pretest. Rata-rata nilai pretest adalah 69,00 sedangkan pada posttest adalah 82,67. Dengan demikian ada pengaruh pendekatan Scientific berbasis Realistic Mathematics Education(RME) berbantu media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Realistic Mathematic Education (RME), Media Puzzle, Hasil Belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...