Sewagati
Vol 6 No 6 (2022)

Pemanfaatan Teknologi Pompa Hydram dan Pemetaan Drone dalam Perencanaan Distribusi Jaringan Air Bersih pada Lokasi Bencana Gempa, Desa Wirotaman Kabupaten Malang

Muhammad Hafiizh Imaaduddiin (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Mohamad Khoiri (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Machsus (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Kuntjoro (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Yuyun Tajunnisa (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Raden Buyung Anugraha Affandhie (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)
Auliagitta Kumala Apsari (Departemen Teknik Infrastruktur Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus ITS, Keputih, Sukolilo, Surabaya 60111)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Desa Wirotaman merupakan salah satu desa terdampak bencana gempa bumi yang terjadi pada April 2021 lalu yang berdampak pada runtuhnya beberapa bangunan dan terganggunya sistem distribusi air bersih pada beberapa lokasi. Padahal, banyak ditemukan sumber mata air di Desa ini yang seharusnya dapat memenuhi kebutuhan warganya. Namun fakta nya, perolehan sumber daya air di desa ini masih belum merata seluruhnya. Beberapa wilayah mengalami kendala air bersih sehingga warganya harus berjalan menuju sumber mata air sambil membawa jerigen-jerigen untuk kemudian dibawa ke rumah masing-masing. Untuk itu, tim abdimas melaksanakan pemasangan pompa hidram pada salah satu sumber mata air di lokasi yang sulit mengakses air bersih untuk memperpendek jarak sehingga air lebih mudah diakses oleh warga. Selain itu, dilakukan pula pengukuran GCP dan pengambilan data citra menggunakan drone. Dari kedua pengukuran ini akan didapat peta orthophoto yang dapat dijadikan acuan dalam perencanaan jalur perpipaan karena memuat data elevasi dan koordinat wilayah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sewagati

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Social Sciences

Description

Sewagati : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat disingkat dengan nama Sewagati (e-ISSN: 2613-9960) adalah jurnal khusus pengabdian kepada masyarakat (abmas) yang berfungsi sebagai media diseminasi dan sosialisasi aktivitas pengabdian dan pemberdayaan masyarakat. Ruang lingkup jurnal meliputi: ...