JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengembangan Aplikasi Pekke Madising berbasis Andorid Sebagai Media Edukasi Ibu Balita

Meinita Wulansari (Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Manado)
Ramlah Milawati Ramli (Kebidanan, Fakultas Vokasi, Universitas Karya Persada Muna)
Risna Ayu Rahmadani (Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Manado)
Mika Sugarni (Kebidanan, Fakultas Vokasi, Universitas Karya Persada Muna)
Rasmar Yanti (Kebidanan, Fakultas Vokasi, Universitas Karya Persada Muna)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi asuhan tumbuh kembang balita berbasis android yang dapat dijadikan sebagai media edukasi oleh ibu balita sebagai penggunanya. Penelitian ini menggunakan metode Reaserch and Development (R&D) dengan memodifikasi desain penelitian model ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Tahapan penelitian ini yaitu analisis produk, desain produk, pengembangan produk, implementasi produk, dan terakhir dilakukan evaluasi sehingga menghasilkan suatu produk baru. Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Pangolombian kota Tomohon dengan jumlah 35 responden. Validasi produk dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Hasil validasi masing ahli mencapai 92,14% dengan kategori sangat layak oleh ahli materi, dan 90,91% dengan kategori sangat layak oleh ahli media. Hasil uji coba satu-satu, kelompok kecil dan kelompok besar masing masing memperoleh nilai 83,5% dengan kategori layak, 83,3% dengan kategori layak dan 84,5% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Pekke Madising (Asuhan tumbuh Kembang balita) berbasis android valid dan layak dijadikan media edukasi asuhan tumbuh kembang balita.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...